Pasokan sayur minim, pendapatan supermarket turun

Selasa, 12 Februari 2013 - 17:08 WIB
Pasokan sayur minim, pendapatan supermarket turun
Pasokan sayur minim, pendapatan supermarket turun
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Barat, Henry Hendarta menuturkan, cuaca buruk yang terjadi saat ini membuat pasokan sayur dan buah ke supermarket minim. Kondisi ini juga akan menyebabkan pendapatan supermarket menurun.

Menurutnya, penurunan pendapatan paling terasa pada supermarket di wilayah Jawa Barat bagian selatan, terutama akibat cuaca ekstrim ini. Cuaca buruk ini mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir. Akibatnya, distribusi terhambat dan konsumen enggan belanja di supermarket.

"Konsumen lebih mementingkan keluarganya ketimbang berbelanja ke supermarket. Seperti yang terjadi di Pangalengan saat ini," kata Henry, Selasa (12/2/2013).

Pantauan harga sejumlah komoditas di Jawa Barat, menunjukkan kenaikan harga cukup signifikan. Harga cabai merah saat ini mencapai Rp37.500 per kilogram (kg) dari sebelumnya RpRp25 ribu per kg. Tomat menjadi Rp18 ribu per kg dari Rp15 ribu per kg.

Selain itu, daging ayam juga terpantau naik. Saat ini harga daging ayam sekitar Rp31 ribu per kg daroi sebelumnya Rp29 ribu per kg. Harga daging sapi lokal sekitar Rp107 ribu per kg dari Rp90 ribu per kg. Harga tertinggi terjadi untuk sapi bakalan impor, yakni dari Rp117 ribu per kg menjadi Rp120 ribu per kg.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6413 seconds (0.1#10.140)