Renault hapus utang pertama kali sejak 14 tahun

Kamis, 14 Februari 2013 - 17:34 WIB
Renault hapus utang...
Renault hapus utang pertama kali sejak 14 tahun
A A A
Sindonews.com - Renault SA, produsen mobil terbesar kedua Prancis, berhasil menghapus utang pada unit-outo manufaktur untuk pertama kalinya dalam 14 tahun, setelah beraliansi dengan Nissan Motor Co. Hasil ini berkat keberhasilan mereka menahan pengeluaran dan pemotongan harga kendaraan.

Penjualan Renault melonjak ke level tertinggi dalam dua tahun di perdagangan Paris setelah membukukan kas bersih dari unit otomotif 1,49 miliar euro (USD2 miliar) pada akhir 2012, dibandingkan utang bersih 299 juta euro setahun sebelumnya. Ini menjadi angka positif pertama sejak produsen mobil berbasis di Boulogne-Billancourt itu mendirikan aliansi dengan mitra dari Jepang pada 1999.

Produsen otomotif Prancis tersebut melaporkan pendapatan 2012 mengalahkan perkiraan analis. Mereka berencana mempertahankan pendapatan dan uang tunai dengan menambah line-up model untuk mengambil bagian lebih besar dari pasar mobil Eropa yang tengah menyusut. Laba tahun lalu juga membantu Renault dan Nissan memperketat hubungan dengan produsen mobil Rusia OAO Avtovaz.

"Ini jelas positif, memiliki posisi kas bersih karena harus mempunyai dampak positif pada tingkat refinancing yang sangat penting dalam industri otomotif," kata Sascha Gommel, analis dari Commerzbank AG yang berbasis di Frankfurt, seperti dilansir Bloomberg, Kamis (14/2/2013).

Produsen mobil Prancis itu berencana meningkatkan pembayaran dividen 1,72 euro per saham dari 1,16 euro tahun sebelumnya. Kontribusi terhadap pendapatan gabungan dari Nissan dan Avtovaz, serta saham pembuat truk Volvo AB tahun lalu, mencapai 1,5 miliar euro.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8190 seconds (0.1#10.140)