Pemerintah klaim rancang ciptakan lapangan kerja

Kamis, 21 Februari 2013 - 18:21 WIB
Pemerintah klaim rancang...
Pemerintah klaim rancang ciptakan lapangan kerja
A A A
Sindonews.com - Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Binapenta Kemenakertrans), Reyna Usman menuturkan, setiap tahun pemerintah merancang strategi untuk menciptakan lapangan pekerjaan baik formal maupun informal.

"Pemerintah telah menetapkan lima pilar rencana aksi penciptaan lapangan kerja dan peningkatan keterampilan angkatan kerja sebagai solusi mempercepat penyerapan tenaga kerja dan pengangguran," katanya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Kamis (21/2/2013).

Lima pilar tersebut, lanjut dia, yaitu informasi dan layanan ketenagakerjaan, peningkatan keterampilan dan kapasitas angkatan kerja, pengembangan UMKM dan kewirausahaan, program padat karya dan infrastruktur serta program darurat penciptaan lapangan kerja.

Pihanya merasa optimis dapat mencapai penempatan tenaga kerja pada 2013 sebanyak satu juta orang. "Untuk merealisasikan itu, kita gandeng pemerintah daerah yang membidangi ketenagakerjaan diminta untuk all out atau serius melaksanakan berbagai program penyerapan tenaga," ujarnya.

Kemenakertrans, katanya, berhasil mengoperasikan bursa kerja online (BKOL) yang terintegrasi di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Bahkan sistem BKOL yang tersambung langsung dengan teknologi internet ini telah menjangkau 404 Kabupaten/Kota.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)