Indef tuding Mari Elka liberal, tak akan bela RI

Minggu, 24 Februari 2013 - 14:53 WIB
Indef tuding Mari Elka liberal, tak akan bela RI
Indef tuding Mari Elka liberal, tak akan bela RI
A A A
Sindonews.com - Institute of Development for Economic and Finance (Indef) menyatakan, Mari Elka Pangestu, yang saat ini menjadi salah satu dari sembilan calon Direktur Jenderal World Trade Organisation (WTO), tidak akan memberikan manfaat apapun bagi Indonesia seandainya terpilih menjadi Dirjen WTO.

Indef menuding Mari Elka sebagai pendukung kebijakan ekonomi liberal, sehingga tidak akan memberikan warna baru di WTO, kepentingan Indonesia pun tetap tidak akan banyak terakomodasi. WTO akan tetap menjadi agen perdagangan bebas bila di bawah kepemimpinannya.

"Enggak ada (keuntungannya untuk Indonesia), dia orang liberal yang tentunya akan mendukung perdagangan bebas," singkat Ekonom Indef Ahmad Erani Yustika usai acara Lustrum Universitas Brawijaya di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Sabtu (23/2/2013).

Bertentangan dengan Indef, sebelumnya Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengaku bangga dengan pencalonan Mari Elka Pangestu, untuk menjadi Direktur Jenderal WTO.

"Ya jelas dong kita bangga banget, masak ada orang yang kita kenal jadi Dirjen WTO, bangga dong," ucap Bayu beberapa waktu lalu.

Bila Mari Elka Pangestu terpilih menjadi Dirjen WTO, tambah Bayu, kepentingan Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya bisa lebih terakomodasi.

"Dengan Bu Mari ada di sana, kita jauh lebih bisa memperjuangkan dan mengemukakan kepentingan kita, dan bukan hanya sekedar kepentingan Indonesia, tapi juga kepentingan negara Asia yang sudah naik kelas dari negara yang tadinya kategori developing sekarang sudah jadi negara middle class," ungkapnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7608 seconds (0.1#10.140)