BUMN salurkan kredit melalui masjid

Selasa, 26 Februari 2013 - 11:47 WIB
BUMN salurkan kredit melalui masjid
BUMN salurkan kredit melalui masjid
A A A
Sindonews.com - Sebagai salah satu langkah nyata pemberdayaan masyarakat, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang berupaya menyalurkan dana kredit untuk masyarakat kelas bawah, dengan menggunakan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Menteri BUMN, Dahlan Iskan menerangkan, penyaluran kredit ini sudah mulai dilakukan sejak empat bulan lalu yang disalurkan kepada masyarakat melalui lima masjid di daerah Jambi, dengan dana Rp5 juta per masjid.

"Ini kita salurkan ke jamaah masjid, dengan syarat dia harus aktif di masjid dan kita namakan pra KUR (Kredit Usaha Rakyat)," ujar Dahlan di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Dahlan menegaskan, penyaluran ini dimaksudkan untuk mendorong perekonomian kelas bawah lewat pembiayaan untuk mengembangkan usaha. "Mereka (kelas bawah) tidak terjangkau dengan bank. Mereka juga harus sanggup diumumkan setiap jumat kalau nunggak," ujarnya.

Menurut Dahlan, sebagai langkah tindak lanjut ini, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan program serupa untuk 15 masjid wilayah Jakarta.

Pemilihan masjid dan daerahnya dengan melihat tingkat perekonomian masyarakat sekitar, sehingga penyaluran dana kredit tepat sasaran. "Yang kredit, membayar dan diawasai oleh takmil di masjid itu sendiri," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9849 seconds (0.1#10.140)