Nominasikan Takehiko Nakao

Jepang lobi 66 negara anggota ADB

loading...
Jepang lobi 66 negara anggota ADB
Jepang lobi 66 negara anggota ADB
Sindonews.com - Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso mengatakan, pihaknya sedang melobi 66 negara atas pencalonan Takehiko Nakao, sebagai kepala Bank Pembangunan Asia (ADB).

"Ini adalah pemahaman bersama masyarakat internasional, bahwa kepala lembaga internasional harus dipilih secara terbuka, transparan dan prestasi," kata Aso dalam pernyataannya, seperti dilansir Global Post, Kamis (7/3/2013).

"Dalam hal ini, saya akan mencari dukungan yang kuat dari semua negara anggota ADB untuk pencalonan Nakao sebagai presiden (ADB)," tambah Aso.

Kepala lembaga finansial yang membantu anggotanya berkembang dalam bantuan, seperti pinjaman, hibah dan dukungan teknis, akan dipilih pada pertemuan tahunan Mei 2013.



Kandidat harus mendapatkan dukungan mayoritas baik dari segi hak suara maupun anggota, yang meliputi Afghanistan, Indonesia, dan Pakistan. Belum diketahui apakah anggota lain akan mencalonkan orangnya atau tidak.

Sejak didirikan pada 1966, presiden ADB selalu diduduki Jepang, mirip yang dilakukan Amerika Serikat untuk posisi strategis di Bank Dunia dan IMF. Mereka sangat berkentingan untuk mempertahankan pengaruhnya di kancah perekonomian dunia.
(dmd)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top