Ini alasan Jero ajak siswa-siswi SD hemat energi

Kamis, 14 Maret 2013 - 10:49 WIB
Ini alasan Jero ajak siswa-siswi SD hemat energi
Ini alasan Jero ajak siswa-siswi SD hemat energi
A A A
Sindonews.com - Pagi ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik meluncurkan tiga buah komik 'Pak Esdam' yang bertujuan mengajak para siswa SD-SMP melakukan penghematan energi. Apa alasan Jero memilih anak-anak SD-SMP sebagai sasaran program penghematan energi?

Jero menyatakan, energi merupakan salah satu kebutuhan utama manusia yang akan semakin sulit terpenuhi di masa depan.

"Mengapa anak-anak SD dan SMP dijadikan sasaran dalam program penghematan energi dan air? Ada tiga hal di dunia yang semakin lama akan semakin sulit, yaitu pangan, energi, dan air," ungkap Jero dalam pembukaan acara peluncuran Komik 'Pak Esdam' di Museum Listrik, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Jero menjelaskan kepada para siswa-siswi SD-SMP bahwa kebutuhan energi terus meningkat, padahal ketersediaannya semakin lama semakin berkurang, misalnya bahan bakar minyak (BBM).

"Energi itu ada beberapa bagiannya. BBM itu energi. Sekarang minyak itu makin lama makin sulit. Jadi kalau anak-anak punya kakak, bapak, ibu, tiap hari naik motor, beli premium. Minyak, listrik makin lama makin sulit karena itu harus berhemat," terangnya.

Pihaknya mengaku telah berusaha keras mengajak masyarakat untuk berhemat energi. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkannya. Jero berharap, para siswa-siswi SD-SMP dapat mendorong penghematan energi di rumahnya masing-masing.

"Bapak dan ibu kalian sudah diingatkan tapi mereka sering lupa berhemat. Karena itu anak-anak yang kita ajak. Sejak SD-SMP harus diajari bahwa energi itu harus dihemat. Kalau tidak nanti susah hidupnya," imbuh dia.

Karena itu, Menteri kelahiran Bali ini menekankan pentingnya penghematan energi kepada para siswa-siswi SD-SMP. "Sekarang kita punya listrik terbatas. Kita bangun pembangkit listrik tiap bulan yang sumbernya air, gas, batubara tapi tetap kurang. Karena itu, harus dihemat," tutup Jero.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3974 seconds (0.1#10.140)