Jero: Energi nuklir pilihan terakhir kita

Kamis, 14 Maret 2013 - 12:17 WIB
Jero: Energi nuklir pilihan terakhir kita
Jero: Energi nuklir pilihan terakhir kita
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik mengatakan, penggunaan nuklir sebagai sumber energi listrik merupakan pilihan terakhir dalam proyeksi Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang disusun Dewan Energi Nasional (DEN).

"DEN mencantumkan nuklir itu menjadi sarana pembangkit energi alternatif terakhir," kata Jero usai peluncuran komik hemat energi di Museum Listrik, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Jero mengatakan, Indonesia baru akan menggunakan nuklir sebagai sumber energi apabila sumber-sumber energi lainnya sudah habis. "Kalau sumber-sumber yang terakhir sudah habis, maka (baru) nuklir (digunakan)," ujarnya.

Dia mengemukakan, nuklir dijadikan sebagai alternatif paling buncit karena penggunaan nuklir sangat berisiko. Pihaknya khawatir akan terjadi bencana penyebaran radiasi apabila terjadi kelalaian. "Nuklir itu masih dalam kategori perlu disiplin sangat tinggi. Nanti kalau bocor, rakyat kena radiasi bagaimana?" katanya.

Karena itu, Menteri asal Bali ini lebih memilih untuk mengedepankan penggunaan minyak bumi, gas, dan batubara sebagai sumber energi. "Ini kita masih punya minyak, gas, dan batubara, pakai dulu lah," tutup Menteri asal Partai Demokrat ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5552 seconds (0.1#10.140)