Pertamina beli minyak Irak 33 ribu barel per hari

Jum'at, 15 Maret 2013 - 16:27 WIB
Pertamina beli minyak...
Pertamina beli minyak Irak 33 ribu barel per hari
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa melakukan pembicaraan bilateral dengan Deputi Perdana Menteri Irak Bidang Energi Hussein Abdullah Al-Shahristani membahas kerja sama di bidang energi. Dalam pertemuan tersebut juga terdapat penandatanganan MoU di antara Kementerian ESDM dan Kementerian Perminyakan Irak tentang kerja sama energy and mineral resources.

"Sebagai wujud implementasi penandatanganan MoU kerja sama energy and mineral resources antara kedua negara, Pertamina menyepakati pembelian minyak mentah Basrah Light dari State Oil Marketing Organization (SOMO) Irak. Dimana SOMO akan menjual minyak mentah ke Pertamina sebanyak 33.000 barel per hari," terang Hatta dalam siaran persnya, Jumat (15/3/2013).

Lebih lanjut, ia memaparkan kesepakatan antara RI dan Irak ini dapat diperbaharui, baik kuantitas dan jangka waktu apabila dipandang perlu oleh kedua belah pihak.

Selain itu, pemerintah Irak juga menawarkan Pertamina untuk melakukan eksplorasi di salah satu tiga lapangan minyak, yaitu Merjan, Kifl, atau West Kifl dan lapangan West Qurna-1.

"Pertamina berharap untuk mendapat kesempatan sebagai partisipasi minoritas dalam lapangan West Qurna-1," tambahnya.

Untuk informasi, dalam rombongan Menko perekonomian, ikut pula pimpinan PT Pertamina, PT Wijaya Karya, PT INTI, PT Pupuk Indonesia, serta perusahaan swasta nasional dan wakil dari Kadin Indonesia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7804 seconds (0.1#10.140)