Abe: Jepang akan masuk perdagangan bebas Trans-Pacific

loading...
Abe: Jepang akan masuk perdagangan bebas Trans-Pacific
Abe: Jepang akan masuk perdagangan bebas Trans-Pacific
Sindonews.com - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan, Jepang ingin mengambil bagian dalam pembicaraan perjanjian perdagangan bebas yang besar, Trans-Pacific Partnership (TPP) melibatkan 40 persen perekonomian dunia.

"Saya telah memutuskan untuk bergabung dengan negosiasi TPP, Kemitraan Trans-Pacific," kata Abe dalam konferensi pers, seperti dilansir Global Post, Jumat (15/3/2013).

Dia menuturkan, "Samudera Pacific" yang luas menjadi sebuah laut pedalaman untuk blok ekonomi besar. Karena itu, Jepang memiliki kepentingan besar untuk meningkatkan pengaruh di wilayah tersebut.

"Tujuan yang ingin dicapai TPP adalah membuat laut Samudera Pasifik, di mana barang, jasa dan investasi bebas dipertukar-belikan. Jika ini terwujud, sebuah blok ekonomi besar akan menjelaskan sepertiga dari ekonomi dunia dimulai," jelas Abe.



Diberitakan sebelumnya, Amerika Serikat dan negara lainnya berharap menyelesaikan negosiasi perdagangan bebas TPP pada akhir tahun ini, atau dalam skenario yang lebih ambisius pada KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bali, Indonesia, pada Oktober mendatang.

Di luar Amerika, negara-negara TPP lainnya adalah Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, Chili, Peru, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Singapura. Pembicaran TPP berikutnya akan dilaksanakan di Lima pada 15-24 Mei 2013. Pada kesempatan tersebut Jepang akan melakukan pembicaraan atas keinginannya masuk ke Kemitraan Trans-Pasific.
(dmd)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top