Tanjung Adikarto dapat kucuran Rp100 M

Jum'at, 15 Maret 2013 - 20:23 WIB
Tanjung Adikarto dapat kucuran Rp100 M
Tanjung Adikarto dapat kucuran Rp100 M
A A A
Sindonews.com – Kabar baik menghampiri Kulonprogo. Anggaran untuk menyelesaikan sisa pembangunan breakwater sepanjang 75 meter sebesar Rp100 milar akhirnya dipastikan cair tahun ini. Dengan demikian, pelabuhan ikan Tanjung Adikarto dapat difungsikan mulai tahun depan.

“Memang dua tahun ini dananya tertahan. Tapi kemarin saya ngotot ke Departemen Pekerjaan Umum, dan akhirnya dana untuk breakwater cair,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan RI Syarif C Sutardjo saat berkunjung ke Kulonprogo, Jumat (15/3/2013).

Dia menjelaskan, keberadaan pelabuhan ikan Tanjung Adikarto sangat penting untuk mendukung perekonomian DIY. Sebab, setelah resmi beroperasi pelabuhan ini akan mampu menampung 400 kapal berukuran besar dari luar DIY. Sehingga perekonomian daerah akan ikut tumbuh.

“Saya sudah berbicara dengan Gubernur, beliau bilang di DIY sudah tidak ada lagi lahan untuk mengembangkan pertanian. Jadi keberadaan pelabuhan ini sangat penting sekali. Nanti kapal-kapal yang semula tercecer di beberapa tempat bisa disatukan,” kata dia.

Dia menjelaskan, selain penyelesaian breakwater akan ada tambahan infrastruktur pendukung seperti Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sehingga dana yang dikucurkan kemungkinan lebih dari Rp100 miliar. Penyelesaian pelabuhan sendiri diperkirakan antara 6-8 bulan ke depan. “Jadi insyaAllah tahun depan beroperasi,” terangnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6423 seconds (0.1#10.140)