BI: Branchless banking tidak tergantung modal bank

Selasa, 19 Maret 2013 - 17:03 WIB
BI: Branchless banking tidak tergantung modal bank
BI: Branchless banking tidak tergantung modal bank
A A A
Sindonews.com - Direktur Departemen Pengaturan Perbankan Bank Indonesia (BI) Pungky P Wibowo mengatakan, sebelum branchless banking beroperasi, pihaknya terlebih dulu mencari keseimbangan antara bank yang boleh dan tidak boleh menjalankan sistem ini.

"Ini (boleh dan tidak boleh) berkaitan dengan consumer protection, kita menggunakan multi license. Kita tidak melihat dari bank yang modalnya kuat atau tidak, tapi dari nilai risk-nya besar atau tidak. Jadi costumer service-nya branchless bank tersebut baik atau tidak, selain secara teknologi dan biaya maju," ujarnya dalam seminar Nasional Prospek Branchless Banking Dalam Mendorong Efisiensi Perbankan di Indonesia, di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Pungky mengatakan, sistem tersebut adalah pilihan apabila tidak melaksanakan ini masyarakat akan tidak mengerti format perbankan jenis ini. Pihak BI akan secara khusus mengawal terutama dari sisi sosialisasi dan regulasi.

"Apakah hal ini sudah dihitung? Ya, kita sudah hitung. Apakah ada riset dan comprehensive study? Ada ke India, Pakistan, Malaysia dan kita tak perlu datang ke lapangan untuk meninjau, karena ini adalah program terkait konektivitas menyangkut internet," jelasnya.

"BI mengatur standar teknologinya, hubungan bank dan agennya, persyaratan bank dan agennya juga," tambah Pungky.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6629 seconds (0.1#10.140)