Menkeu Inggris: Jaminan KPR diharapkan bantu ekonomi

Kamis, 21 Maret 2013 - 16:37 WIB
Menkeu Inggris: Jaminan KPR diharapkan bantu ekonomi
Menkeu Inggris: Jaminan KPR diharapkan bantu ekonomi
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan Inggris, George Osborne mengatakan, langkah-langkah baru untuk meningkatkan kepemilikan rumah tidak akan berisiko menyebabkan terulangnya gelembung perumahan yang mengantarkan kemerosotan keuangan negara seperti lima tahun lalu.

"Kami tidak berbicara kembali ke situasi empat atau lima tahun lalu, di mana orang memiliki 125 persen ... hipotek dan hipotek self-bersertifikat tidak ada yang memeriksa pendapatan rakyat," kata Osborne, seperti dilansir Reuters, Kamis (21/3/2013).

Sebelumnya, Osborne mengumumkan rencana untuk menjamin KPR sebesar 130 miliar pounds dari 2014 selama tiga tahun, yang memungkinkan bank memberikan pinjaman lebih untuk orang-orang yang tidak memiliki deposito besar.

Pemerintah juga berkomitmen mengeluarkan 3,5 miliar pounds (USD5,3 miliar) selama tiga tahun untuk pinjaman ekuitas bersama guna membangun rumah baru kurang dari 600.000 pound, yang memungkinkan pembeli dengan deposit 5 persen.

Dia berharap langkah tersebut akan membantu perekonomian tahun ini yang diperkirakan hanya akan tumbuh hanya 0,6 persen.

The Royal Institute of Chartered Surveyors, yang mewakili para profesional properti, mengatakan langkah-langkah ini "sangat dibutuhkan", namun pemerintah perlu berhati-hati tidak menciptakan gelembung perumahan lain.

Namun, Osborne memastikan rencana itu bijaksana dan tidak akan menempatkan Inggris kembali pada risiko ledakan properti, karena sebagian besar pasar perumahan Inggris itu saat ini datar.

Dia mengatakan, pemerintah ingin membantu orang-orang yang mampu membeli rumah sendiri, tetapi tidak mampu memenuhi deposito tinggi sebagai syarat pinjaman.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7660 seconds (0.1#10.140)