Bank-bank ASEAN wajib selesaikan masalah resiprokal

Jum'at, 24 Mei 2013 - 09:57 WIB
Bank-bank ASEAN wajib selesaikan masalah resiprokal
Bank-bank ASEAN wajib selesaikan masalah resiprokal
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menyebut bank-bank ASEAN akan terintegrasi melalui ASEAN Banking Integration yang akan dilaksanakan secara efektif mulai 2020.

"Kalau soal ASEAN Banking Integration akan dilaksanakan pada 2020. Saat ini baru Term Of Reference (TOR) nya saja yang baru disiapkan antar Bank di ASEAN saja yang baru dilakukan, kita diwakilkan oleh Perbanas. Tetapi itu masih perlu waktu karena disparitas ASEAN terutama menyangkut lima negara yang lain," ujarnya di JCC, Jakarta pada 23 Mei 2013.

Karena itu, Hatta mengimbau agar sebelum integrasi bank ASEAN itu terwujud, pihaknya mengharapkan azas resiprokal antar negara ASEAN dapat dijalin terlebih dahulu agar tidak merugikan Indonesia.

"Menurut saya, sebelum integrasi pada 2020 tersebut, resiprokal harus disiapkan. Karena wajar bank asing menyerbu kita karena consuming class kita meningkat, GDP kita 40 persen dari seluruh ASEAN. Coba bayangkan GDP ASEAN itu sebesar USD2,2 triliun dan kita 40 persennya. Makanya kita dilihat sebagai pasar yang bagus," paparnya.

Walaupun tidak perlu melakukan hal serupa seperti Singapura dan Malaysia, Hatta tetap meminta keadilan yang diterapkan dari resiprokal.

"Kita tidak perlu harus menutup, tapi resiprokal itu penting. Jangan sampai kita buka bank di negara ASEAN susah. Azas resiprokal itu azas yang universal, dan tujuan diterapkannya adalah untuk keadilan. Kita harus mendukung resiprokal," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5324 seconds (0.1#10.140)