Kazakhstan bukukan pertumbuhan ekonomi 6%

Sabtu, 30 Maret 2013 - 16:54 WIB
Kazakhstan bukukan pertumbuhan ekonomi 6%
Kazakhstan bukukan pertumbuhan ekonomi 6%
A A A
Sindonews.com - Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev telah bertemu dengan Kepala Administrasi Karim Presiden Massimov, Ketua Bank Nasional Grigory Marchenko dan sejumlah pejabat lainnya untuk mendengar laporan Bank Nasional Kazakhstan pada 2012.

Negara pecahan Uni Soviet itu mengumumkan telah berdiri kokoh di tengah gejolak ekonomi global. Bahkan, mereka mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen.

"Dalam laporan tahunan tradisional Bank Nasional, kita dapat melihat semua indikator makro ekonomi negara normal. Pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen, di saat dunia berada dalam gejolak keuangan dapat dianggap optimal. Inflasi tidak keluar dari jangkauan, mata uang stabil, sedangkan pinjaman terhadap perekonomian dan kapitalisasi bank tumbuh," kata Presiden, seperti dilansir West Kazakhstan Today (azh.kz), Sabtu (30/3/2013).

"Pertumbuhan ekonomi yang stabil tetap menjadi tantangan utama. Pemerintah dan Bank Nasional harus bekerja dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tidak berkurang. Ini memerlukan usulan terkoordinasi. Selain itu, kita harus meningkatkan sistem pensiun, khususnya pembentukan dana pensiun tunggal," jelas Nazarbayev.

Sementara Marchenko mengungkapkan, kegiatan Bank Nasional untuk menjamin stabilitas harga, mekanisme transmisi kebijakan moneter baru dan lebih meningkatkan instrumen diversifikasi aset internasional serta membicarakan masalah pinjaman bank luar negeri.

Setelah pertimbangan laporan, Presiden Kazakhstan memberikan panduan khusus pada kebutuhan untuk menjaga inflasi di koridor perkiraan dan pengembangan lebih lanjut dari sektor keuangan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6630 seconds (0.1#10.140)