Siprus hari ini lantik menkeu baru

Rabu, 03 April 2013 - 11:12 WIB
Siprus hari ini lantik menkeu baru
Siprus hari ini lantik menkeu baru
A A A
Sindonews.com - Negara yang tengah dihimpit masalah ekonomi, Siprus akan melantik menteri keuangan baru hari ini, beberapa jam setelah Michalis Sarris mengundurkan diri dari jabatannya.

Dilansir EU Business, Rabu (3/4/2013), Haris Georgiades, 40, yang menjabat sebagai menteri tenaga kerja, secara resmi akan mengambil pos barunya. Sementara Sarris memutuskan mundur untuk memberikan kemudahan penyelidikan kepada hakim atas kegagalan Bank Laiki, yang pernah dikepalainya beberapa tahun lalu.

Runtuhnya terbesar kedua di Siprus itu menjadi penyumbang utama krisis keuangan di negara pulau Mediterania tersebut. Sehingga, lembaga pemberi pinjaman internasional memaksa melikuidasinya sebagai syarat bailout 10 miliar euro.

Presiden Nicos Anastasiades mengatakan, dirinya telah menerima pengunduran diri Sarris dengan "kesedihan" dan memuji etos politik tingginya untuk mengundurkan diri.

Sarris sendiri percaya, bahwa mengundurkan dirinya adalah "hal yang benar" harus dilakukan untuk memudahkan pekerjaan para peneliti.

"Hari ini kami telah menyelesaikan pembentukan nota, yang merupakan prasyarat untuk perjanjian pinjaman, dengan periode kesepakatan diperpanjang dua tahun hingga 2018 untuk mengurangi tekanan terhadap ekonomi," ujar juru bicara pemerintah Christos Stylianides.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9390 seconds (0.1#10.140)