AS-Singapura perkuat hubungan ekonomi

Rabu, 03 April 2013 - 11:42 WIB
AS-Singapura perkuat hubungan ekonomi
AS-Singapura perkuat hubungan ekonomi
A A A
Sindonews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memuji Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong sebagai mitra luar biasa bagi Washington, saat kedua pemimpin negara itu bertemu membahas berbagai isu-isu pertahanan ekonomi.

"Mereka adalah mitra ekonomi yang luar biasa. Selama beberapa dekade terakhir, kami telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas. Kita telah melihat pertumbuhan perdagangan negara dua kali lipat, dan menciptakan lapangan kerja baik di AS maupun Singapura," kata Obama dalam konferensi pers bersama Lee di kantor Gedung Putih, seperti dilansir The Hindu, Rabu (3/4/2013).

"Sebagai pemimpin di ASEAN dan KTT Asia Timur, mereka (Singapura) telah memberikan saya visi bagaimana negara-negara di kawasan Pasifik dapat bekerja sama secara efektif untuk kemakmuran dan keamanan, serta menjadi promotor kuat aturan internasional," tambahnya.

Sementara Lee mengatakan, Singapura sangat senang AS dan pemerintahan Obama menempatkan penekanan lebih besar pada hubungannya dengan Asia. "Rebalancing menuju Asia di berbagai bidang, bukan hanya keamanan, tetapi juga ekonomi, budaya dan pendidikan. Dan, Singapura ingin membantu memajukan proses ini dengan memperdalam hubungan," ujar Lee.

Menurutnya, Kemitraan Trans-Pacific (TTP), merupakan bagian yang sangat penting. "Kami sedang bekerja pada agenda ini. Kami juga sedang bekerja memperdalam hubungan ASEAN dan AS, yang terakhir bertemu pada November lalu," jelasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7224 seconds (0.1#10.140)