CDB : Indonesia harta karun investasi dunia

Rabu, 03 April 2013 - 17:14 WIB
CDB : Indonesia harta karun investasi dunia
CDB : Indonesia harta karun investasi dunia
A A A
Sindonews.com - China Development Bank Corporation (CDB) menyebut Indonesia sebagai harta karun investasi ekonomi di dunia karena dinilai sebagai salah satu negara besar dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan paling stabil.

“Indonesia merupakan harta karun investasi ekonomi dunia,” kata CDB Coorporation Head of Xia Men Branch, Zhao Fan Qiang di Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Karena alasan itu, dia menuturkan, Indonesia menjadi negara prioritas di kawasan Asia Tenggara dalam pemberian pendanaan. Selain Indonesia, CDB juga meningkatkan pendanaan jangka panjang ke sejumlah negara berkembang di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan prinsip kerja sama yang saling menguntungkan.

Menanggapi hal itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, sebutan bagi Indonesia sebagai harta karun investasi dunia bukan basa basi. Buktinya, hari ini CDB bersedia memberi pinjaman kepada PT SSP dan tanpa jaminan pemerintah.

“Biasanya financing diporses satu tahun. Tapi ini, dua bulan financing closed. Artinya, pihak China tidak ragu-ragu lagi,” tuturnya.

Terkait kelistrikan, Jero menambahkan, Indonesia sepantasnya belajar dari cara negeri China lantaran negara tersebut mampu memenuhi kebutuhan listik 1,3 miliar penduduknya. “Kalau kita meniru, maka untuk 200 juta penduduk Indonesia tidak akan sulit melakukan,” katanya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6765 seconds (0.1#10.140)