Kembangkan gas metana, RI gandeng Jepang

Jum'at, 05 April 2013 - 11:04 WIB
Kembangkan gas metana, RI gandeng Jepang
Kembangkan gas metana, RI gandeng Jepang
A A A
Sindonews.com - Indonesia mengusulkan kepada Jepang untuk melakukan kerja sama penelitian mengenai methane gas hydrate. Gas metan yang berada di laut dalam ini, diharapkan dapat menjadi salah satu pengembangan gas alternatif di masa mendatang.

Usulan itu disampaikan Ketua Delegasi RI dalam Pertemuan The 1st Indonesia-Japan Energy Forum (IJEF) A. Edy Hermantoro, di Jepang. Jika disetujui, kerja sama ini akan melibatkan Ditjen Migas Kementerian ESDM, Balitbang ESDM serta Badan Geologi.

"Pengembangan methane gas hydrate membutuhkan biaya cukup besar. Karena itu, diperlukan kerja sama dengan pihak lain." ujar Edy seperti dikutip dalam situs resmi Ditjen Migas, Jumat (5/4/2013).

Dalam The 1st Indonesia-Japan Energy Forum (IJEF) tersebut, Pemerintah Jepang juga menyambut baik konsep Kebijakan Energi Nasional (KEN) serta program tanggap darurat bencana dan oil stockholding di Indonesia dan berharap agar KEN dapat menjadi landasan energi Indonesia di masa mendatang.

Kedua belah pihak sepakat untuk menggali potensi kerja sama dan investasi dalam pengembangan deep water project di Indonesia. Selain itu, pihak Jepang mengharapkan kerja sama bidang LNG jangka panjang dengan Indonesia sebagai upaya untuk menjamin ketahanan energi di Jepang.

Pemerintah Jepang juga menyambut baik tawaran Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di sub sektor ketenagalistrikan, energi terbarukan dan mengharapkan pemerintah Indonesia dapat menjembatani kelangsungan proyek-proyek yang sudah, sedang dan akan berjalan di Indonesia.

Salah satu di antaranya SNG Sumatra (berbasis low rank coal gasification project). Pemerintah Indonesia mengusulkan pembentukan task force untuk proyek dimaksud dengan melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup RI.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3501 seconds (0.1#10.140)