Cadangan minyak sawit Malaysia diprediksi anjlok 7%

Senin, 08 April 2013 - 18:53 WIB
Cadangan minyak sawit Malaysia diprediksi anjlok 7%
Cadangan minyak sawit Malaysia diprediksi anjlok 7%
A A A
Sindonews.com - Stok minyak sawit Malaysia diramalkan bakal turun drastis pada Maret 2013. Penurunan tersebut diperkirakan yang terbesar selama dua tahun terakhir.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Senin (8/4/2013), kondisi ini dipicu meningkatnya ekspor kelapa sawit yang merupakan rekor terbesar dalam lima bulan terakhir.

Cadangan minyak sawit Malaysia diprediksi turun hingga 7 persen menjadi 2,27 juta metrik ton dibandingkan Februari lalu. Penurunan bulanan ini menjadi yang terbesar sejak Januari 2011.

Produksi kelapa sawit Malaysia tercatat naik 2,3 persen menjadi 1,33 juta ton. Sementara ekspor meningkat 2,1 persen menjadi 1,43 juta. Adapun data resmi sektor minyak sawit Malaysia baru akan diumumkan pada 10 April nanti.

Penurunan persediaan dalam tiga bulan terturut-turut ini diramalkan dapat membantu menahan laju penurunan harga komoditas dalam satu tahun ke belakang.

Diketahui, Malaysia bersama Indonesia merupakan dua negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Kedua negara bertetangga tersebut menyumbangkan 87 persen produksi kelapa sawit global dan 90 persen ekspor kelapa sawit global.

Karakteristik pohon kelapa sawit yang khas menyebabkan tanaman ini hanya dapat tumbuh optimal di kedua negara tersebut. Indonesia memiliki keunggulan dalam hal luas lahan dibanding Malaysia. Sementara Malaysia unggul dalam hal produktivitas dan regulasi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1678 seconds (0.1#10.140)