Pegadaian : investasi emas sebaiknya jangka panjang

Rabu, 10 April 2013 - 15:27 WIB
Pegadaian : investasi emas sebaiknya jangka panjang
Pegadaian : investasi emas sebaiknya jangka panjang
A A A
Sindonews.com - Direktur Bisnis II Pegadaian, Wasis Djuhar mengatakan bahwa pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas karena investasi emas cenderung menguntungkan.

"Sebesar 97 persen agunan Pegadaian adalah emas dan memberi kesempatan berinvestasi emas karena nilai emas cenderung tidak turun, sehingga menguntungkan," ujarnya di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Dia menjelaskan bahwa harga emas memang bisa turun tetapi jika dibanding angka inflasi, harga emas tetap berada di atas inflasi, sehingga bisa menjadi portofolio investasi. "Selain itu, emas juga salah satu pelindung fluktuasi nilai rupiah," tukas Wasis.

Kendati investasi emas menguntungkan, dia menjelaskan, investasi emas juga memiliki resiko. Resiko tersebut, diantaranya jika investor salah memilih tempat berinvestasi, bisa mendapatkan emas palsu. "Kami yang Pegadaian saja juga pernah dapat emas palsu," ungkap dia.

Resiko lainnya, pengelola investasi yang tidak benar, seperti kasus investasi bodong yang terjadi baru-baru ini. Sementara mengenai tenor berinvestasi emas, saran Wasis, sebaiknya tidak dalam jangka pendek atau tiga bulanan, melainkan diproyeksikan jangka panjang karena emas relatif aman.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9903 seconds (0.1#10.140)