Pemerintah tegaskan tak ada kenaikan harga BBM

Jum'at, 12 April 2013 - 11:47 WIB
Pemerintah tegaskan tak ada kenaikan harga BBM
Pemerintah tegaskan tak ada kenaikan harga BBM
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo mengatakan, bahwa saat ini tidak ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Menurutnya, pemerintah sedang mempertimbangkan opsi lain. "Ada pertamax ron 90 dan macam-macam opsi lainnya. Jadi enggak ada kenaikan," tegasnya kepada Sindonews di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Sementara, kepala Badan Kebijakan Fiskal, Bambang Brodjonegoro mengutarakan bahwa pihaknya masih menghitung penghematan subsidi BBM dan belum bisa berbicara banyak.

"Penghematannya masih dihitung, kalau belum ada keputusan saya tidak bisa ngomong, yang penting defisit anggaran di bawah 2,5 persen," ujarnya.

Sementara Menteri ESDM, Jero Wacik yang ditemui usai rapat koordinasi di Kantor Kementerian Perekonomian mengatakan, pemerintah masih mengkaji opsi yang akan diambil untuk menyelamatkan beban anggaran.

"Jadi, semua opsi ada plus minusnya. Tapi negara harus dijaga kelanjutannya, karena itu harus dikembangkan opsi untuk menjaga dan melindungi kelompok miskin," kata Jero.

Dia menuturkan, beban subsidi yang ada saat ini sudah terlalu tinggi sehingga perlu dilakukan pemilahan agar subsidi yang dinikmati orang kaya bisa dikurangi.

"Kami baru selesai rapat koordinasi untuk mempersiapkan opsi mana yang akan diambil. Membuat aturan itu mudah, menjalankan harus mengamankan hajat hidup, atau niat naik kurang hasilnya," jelas Jero.

Pemerintah nampak sangat berhati-hati untuk menaikkan harga BBM, dengan menghitung semua indikator ekonomi, termasuk inflasi. "Opsi apapun yang diambil pasti ada inflasi. Berapapun inflasinya akan berdampak pada kelompok miskin. Ini yang harus dijaga," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7105 seconds (0.1#10.140)