Hatta: AEC berbeda dengan Uni Eropa

Kamis, 18 April 2013 - 15:33 WIB
Hatta: AEC berbeda dengan Uni Eropa
Hatta: AEC berbeda dengan Uni Eropa
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, dengan berlakunya ASEAN Economic Community (AEC) 2015, ASEAN tidak mendesain dirinya menjadi union layaknya Uni Eropa. Melainkan AEC lebih bersifat komunitas yang terstruktur.

"ASEAN ini dengan AEC adalah sebuah komunitas tapi bukan menjadi sebuah komunitas yang lepas, tapi komunitas yang terstruktur karena ada aturan yang mengikat kita secara internal. Nah, itulah yang membedakan kita dengan Union seperti Uni Eropa," ujarnya di hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Hatta melanjutkan, dari struktur ekonomi saja, ASEAN dan Uni Eropa memiliki perbedaan mendasar di mana setiap negara ASEAN memiliki bank sentral sendiri. Hal ini berbeda dengan Uni Eropa yang hanya memiliki satu bank sentral.

"Bank sentral saja cuma satu tapi pada posisi fiskal masing-masing bebas sehingga kadang-kadang enggak nyambung antara sisi moneter yang satu dengan daerah lainnya. Kita tentu tidak seperti itu tapi kita lebih kepada struktur yang bersifat komunitas," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6633 seconds (0.1#10.140)