Zulkifli: Peran saudagar muslim masih kecil

Jum'at, 26 April 2013 - 16:42 WIB
Zulkifli: Peran saudagar muslim masih kecil
Zulkifli: Peran saudagar muslim masih kecil
A A A
Sindonews.com - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, dari abad ke enam sampai dengan abad ke-15, saudagar islam sebenarnya telah menguasai perekonomian dunia, seperti Amerika Serikat, China dan Eropa sekarang.

Tetapi penjajahan dan kolonisasi merubah tatanan tersebut dan para saudagar muslim mulai terdesak dengan apa yang disebut kapitalisme yang dibawa dunia barat.

"Pada abad 16 terjadi kolonisasi besar-besaran, dunia berubah secara bertahap, saudagar muslim tereduksi oleh kapitalisme secara sistemik sampai dengan sekarang," jelasnya pada Musyawarah Nasional Pertama Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (26/4/2013).

Dia melanjutkan, dari total 40 pengusaha terkaya di Indonesia yang menguasai 80 persen ekonomi Indonesia, hanya satu sampai tiga saja yang merupakan saudagar muslim.

"Bayangkan, walaupun umat muslim mayoritas bahkan sampai 90 persen tapi perannya dalam ekonomi Indonesia masih sangat kecil, kami berharap ISMI dapat mewujudkan saudagar muslim yang dapat berperan besar di ekonomi Indonesia," harapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5237 seconds (0.1#10.140)