PLN-Siemens bangun gardu induk di Sumatera

Minggu, 28 April 2013 - 13:29 WIB
PLN-Siemens bangun gardu induk di Sumatera
PLN-Siemens bangun gardu induk di Sumatera
A A A
Sindonews.com - Untuk meningkatkan keandalan kelistrikan di Sumatera, PLN menggandeng PT Siemens Indonesia untuk membangun gardu induk (GI) 275 kilovolt di Padang Sidempuan dan di Payakumbuh.

Hal ini tertuang dalam dokumen kontrak yang ditandatangani Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dan Direktur Utama PT Siemens Indonesia, Josef Winter serta Direktur PT Siemens Indonesia, Friedrich Brida, pada Kamis 25 April 2013 kemarin di Jakarta.

Pembangunan gardu induk ini merupakan penyatuan backbone Sumatera yang selama ini belum tersambung antara Sumatera bagian utara dan Sumatera bagian selatan. Dengan menelan investasi Rp363,593 miliar. Pembangunan GI ini direncanakan akan selesai dalam 24 bulan ke depan dengan sumber dana dari JICA ODA Loan.

Menurut Dirut PLN, Nur Pamudji, PLN senantiasa terus mengembangkan sistem kelistrikan yang andal di Indonesia. Setelah Jawa Bali, konsentrasi PLN membuat interkoneksi transmisi tegangan tinggi di Sumatera. Terlebih karena Sumatera mempunyai sumber-sumber energi terbarukan untuk dimanfaatkan bagi kelistrikan tanah air.

Dan yang tidak kalah penting, pembangunan gardu induk di Payakumbuh dan Padang Sidempuan ini akan menggunakan komponen-komponen kelistrikan buatan dalam negeri.

“Saya harapkan, pembangunan gardu induk 275 kV di Payakumbuh dan Padang Sidempuan ini, bisa memanfaatkan produk dalam negeri. Karena beberapa komponen kelistrikan untuk sebuah gardu induk, sudah diproduksi di dalam negeri seperti trafo dan reaktor. Setidaknya 40 persen gardu induk ini sebaiknya menggunakan produk dalam negeri,” ucap Nur dalam siaran persnya, Minggu (28/4/2013).

Sementara Direktur Utama PT Siemens Indonesia, Josef Winter yang baru pindah dari Jerman, mengakui dirinya baru pertama kali meneken kontrak sebesar itu di Indonesia.

“Siemens Indonesia sendiri telah membangun gardu induk serupa di beberapa tempat di Indonesia, seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung,” kata Winter.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3266 seconds (0.1#10.140)