Chatib: Hanya Presiden yang tahu waktu kenaikan BBM

Rabu, 29 Mei 2013 - 15:58 WIB
Chatib: Hanya Presiden yang tahu waktu kenaikan BBM
Chatib: Hanya Presiden yang tahu waktu kenaikan BBM
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu), M Chatib Basri mengaku tidak tahu kepastian rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal tersebut kewenangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sehingga hanya Presiden yang tahu tanggal pasti rencana tersebut.

"Mengenai tanggal, saya enggak tahu pasti tanggalnya, kecuali Presiden. Saya enggak bisa komentar mengenai tanggal karena Presiden yang menentukan," ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Chatib menjelaskan hal tersebut sudah sesuai dengan UU APBN 2013, dan tugasnya adalah menyiapkan APBNP sebagai bentuk upaya dalam kenaikan harga BBM.

"Ini kan kenaikan (harga) BBM sepenuhnya merupakan wewenang pemerintah, karena kalau Pasal 8 ayat 10 UU APBN 2013 mengatakan, hal tersebut wewenang pemerintah. Tetapi yang jelas kita persiapkan dengan APBNP sebagai bentuk adanya upaya yang kita lakukan untuk memitigasi dampak kenaikan harga BBM," lanjutnya.

Chatib menjelaskan, untuk memitigasi dampak tersebut, pihaknya memilih fokus untuk menyelesaikan APBNP 2013 dengan DPR daripada menebak-nebak kapan kenaikan harga BBM.

"Tetapi proses mitigasi (akibat kenaikan) harga BBM harus selesai. Saya kira seperti saya sampaikan kemarin bahwa proses kita lakukan di sini (DPR) karena membahas mitigasi dampak itu (kenaikan harga BBM). Yang pasti saya enggak bisa komentar karena itu ada di tangan presiden," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6119 seconds (0.1#10.140)