Hatta: Indonesia bisa jadi kiblat busana muslim dunia

Kamis, 30 Mei 2013 - 12:08 WIB
Hatta: Indonesia bisa jadi kiblat busana muslim dunia
Hatta: Indonesia bisa jadi kiblat busana muslim dunia
A A A
Sindonews.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyebut tiga alasan untuk optimalkan tiga area guna mewujudkan keinginan Indonesia menjadi kiblat industri busana muslim dunia di 2020.

"Paling tidak tiga area, pertama kuliner halal food, kedua industri keuangan syariah, yang ketiga busana muslim. Kita bisa," ujarnya di JCC, Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Hatta menjelaskan, pertama, Indonesia berpenduduk muslim terbesar di dunia walaupun bukan negara muslim. Masyarakatnya moderat, modern dan demokratis. "Artinya, tentu kita miliki lifestyle yang adaptatif dan dapat mengikuti perkembangan zaman, enak dilihat dan memiliki nilai," tuturnya.

Yang kedua, Hatta melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus meningkat. Hatta memaparkan data dari Boston Consulting Group bahwa Indonesia sekarang ini memiliki kelas menengah sebanyak 74 juta orang yang rata-rata belanja perkapitanya sebesar USD200 pe rbulan (Rp1,94 juta). Bahkan tercatat 20 juta orang Indonesia berbelanja dengan angka lebih dari angka tersebut.

"Di 2025 kita akan memiliki 145 juta orang middle class dengan purchasing power sebesar 1,8 triliun dolar. Mereka utamakan kualitas pendidikan, kesehatan, makanan, dan pakaian. Jangan sampai mereka jadi pasar bagi perusahaan-perusahaan luar negeri. Apalagi kita akan masuki AEC 2015. Kita harus jadi tuan rumah di negeri sendiri," paparnya.

Yang ketiga, tambah Hatta, adalah berkembangnya industri kreatif yang didukung tradisi, pengetahuan, dan akar budaya Indonesia yang tinggi.

"Dengan angka Rp164 triliun di 2012, fashion di urutan kedua dalam kontribusi industri kreatif ke dalam PDB sebesar Rp573,9 triliun di 2012. Dan diperkirakan dalam kurang dari 1 dekade ke depan, industri kreatif kita akan menempati ranking atas dalam sumbangannya ke PDB," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6621 seconds (0.1#10.140)