Bulog Polman targetkan pengadaan beras 27 ribu ton

Kamis, 30 Mei 2013 - 21:19 WIB
Bulog Polman targetkan...
Bulog Polman targetkan pengadaan beras 27 ribu ton
A A A
Sindonews.com - Perum Bulog Sub Divre Kabupaten Polewali Mandar (Polman) yang membawahi tiga kabupaten, yakni Polman, Majene, dan Mamasa, menargetkan pengadaan beras pada tahun ini sebanyak 27 ribu ton.

"Dari target yang ditetapkan Bulog ini, masih harus memenuhi pengadaan atau pembelian beras sebanyak 21 ribu ton," kata Kepala Bulog Sub Drivre Polman, Laode Amijaya Kamaluddin, Kamis (30/5/2013).

"Hingga satu semester tahun ini, pengadaan beras yang terlaksana sebagaimana yang ditargetkan Perum Bulog baru tercapai sebanyak 6.000 ton. Sehingga, kita masih akan melakukan pengadaan sebagaimana yang ditargetkan sebanyak 21 ribu ton," ujarnya.

Meski demikian, Laode meyakini target untuk memenuhi pangan nasional tersebut akan bisa dicapai setelah mengamati potensi yang ada. Sebagaimana tahun sebelumnya, pengadaan beras telah melampaui target 26 ribu ton.

Laode mengaku, potensi pengadaan beras sesuai terget hingga akhir tahun ini sangat memungkinkan, sebab masih terdapat banyak lahan persawahan di Polman. Bahkan, sudah ada yang memasuki masa panen.

Meskipun pengadaan beras hampir seluruhnya ditumpukkan pada produksi beras di Polman. Karena, dua kabupaten lainnya kurang memiliki potensi yang cukup memadai.

"Paling tidak, potensi beras di Majene dan Mamasa hanya memenuhi kebutuhan warga lokal," kata dia.

Karena itu, lanjut Laode, agar pengadaan beras pada tahun ini bisa lebih maksimal, selain bertumpuk pada produksi beras di Polman, dua kabupaten lainnya yakni Majene dan Mamasa harus semakin meningkatkan pengembangan dan penambahan lahan persawahan melalui percetakan sawah baru. Hal itu untuk menghindari ketergantungan beras dari luar daerah.

Selama ini, beras yang diproduksi Polman untuk memenuhi sebagian kebutuhan di daerah lain, termasuk Majene dan Mamasa. Bahkan produksi beras di Polman dikirim ke beberapa pulau di luar Sulawesi sesuai pemintaan dan kebutuhan terhadap ketahanan pangan di daerahnya masing-masing.

Laode menuturkan, jumlah beras yang telah tersimpang di gudang Bulog termasuk hasil pengadaaan tahun ini mencapai 11 ribu ton. Dengan kapasitas gudang yang hanya mampu menampung 16 ribu ton, Bulog Polman masih siap untuk menambah stok di gudang hingga 5.000 ton.

Pantauan dibeberapa persawahan di Polman, sejumlah wilayah sudah mulai memasuki masa panen. Bahkan, di Kecamatan Wonomulyo, puluhan hektare sawah terlihat sudah melakukan panen raya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7093 seconds (0.1#10.140)