Arus peti kemas di Terminal JICT menurun

Jum'at, 31 Mei 2013 - 11:14 WIB
Arus peti kemas di Terminal JICT menurun
Arus peti kemas di Terminal JICT menurun
A A A
Sindonews.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) sebagai pengelola Terminal JICT yang merupakan terminal peti kemas terbesar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menyatakan sepanjang tiga bulan pertama tahun ini mengalami penurunan arus keluar masuk peti kemas.

Direktur Utama Pelindo II, R. J. Lino mengatakan, arus keluar masuk di Terminal JICT sepanjang periode Januari sampai dengan Maret rata-rata sebanyak 320 truk per jam. Namun ketika kemacetan terjadi di jalan-jalan sekitar pelabuhan, arus keluar masuk truk menurun signifikan menjadi rata-rata 280 truk per jam. Padahal trafik bongkar muat berada di kecepatan yang sama dengan ketika kemacetan tidak terjadi.

"Pekerjaan elevated road dan arteri road Project JORR yang menyebabkan adanya penyempitan jalan arteri dan diperlukannya pengalihan arus lalu lintas, ditambah dengan kondisi jalan yang ada sekarang masih sangat buruk membuat arus kendaraan dari dan menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok pada jam-jam tertentu mengalami kemacetan total," kata Lino dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (31/5/2013).

Menurut dia, hal ini adalah salah satu penyebab tingginya biaya logistik di Indonesia, efisiennya proses bongkar muat di dalam terminal pelabuhan tidak diimbangi dengan efisiennya distribusi hasil bongkar muat. Hal tersebut, jelas dia, membuat cita-cita menurunkan biaya logistik nasional terhambat.

"Pelindo II sebagai operator Pelabuhan Tanjung Priok telah menyampaikan permintaan perbaikan pelaksanaan pembangunan kepada kontraktor pelaksana pekerjaan, namun hingga saat ini masih belum terjadi perubahan yang sangat berarti," jelas Lino.

Perusahaan berharap kondisi yang disebutkan di atas menjadi prioritas utama karena upaya untuk menurunkan biaya logistik nasional membutuhkan kerja sama semua pihak, terutama infrastruktur jalan yang memadai.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6869 seconds (0.1#10.140)