Dai-ichi Life akuisisi saham Panin Life senilai Rp3,3 T

Selasa, 04 Juni 2013 - 11:28 WIB
Dai-ichi Life akuisisi saham Panin Life senilai Rp3,3 T
Dai-ichi Life akuisisi saham Panin Life senilai Rp3,3 T
A A A
Sindonews.com - Perusahaan asuransi Jiwa asal Jepang, The Dai-ichi Life Insurance Ltd (Dai-ichi Life) mengakuisisi saham anak perusahaan Panin Financial Tbk (PNLF), yakni PT Panin Life sekitar 40 persen saham, baik secara langsung maupun melalui kepemilikan di Panin Internasional, dengan nilai transaksi mencapai Rp3,3 triliun.

Presiden Direktur Panin Financial, Fadjar Gunawan mengatakan bahwa transaksi pengambilan saham baru (rights issue), yang diterbitkan PT Panin Internasional dan Panin Life oleh Dai-ichi Life berdasarkan Share Subscription Agreement.

"Selain itu, juga rencana pengembangan kegiatan usaha asuransi Panin Life melalui kerja sama Bancassurance Agreement dengan Bank Panin melalui Bancassurance Agreement dan dokumen-dokumen pelaksanaannya," kata dia dalam keterangannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (4/6/2013).

Berdasarkan perjanjian tersebut, Dai-ichi Life akan mengakuisisi saham baru PT Panin Internasional sekitar 36,84 persen dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor dalam Panin Internasional. Sementara sisanya sebanyak 63,16 persen masih dimiliki PNLF.

Dana dari rights issue tersebut akan digunakan Panin Internasional untuk membeli 3.767.225.000 saham di Panin Life. Sementara Dai-ichi Life akan melakukan penyertaan saham langsung di Panin Life dengan mengakuisisi saham baru Panin Life sekitar 5 persen saham dari seluruh modal ditempatkan dan disetor di Panin Life.

Dengan demikian, Dai-ichi Life akan memiliki sekitar 40 persen saham di Panin Life (effective interest), dimana 5 persen melalui kepemilikan langsung dan sisanya melalui kepemilikan saham di Panin Internasional, yang akan menjadi pemegang saham sekitar 95 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam Panin Life.

Selain melakukan penandatanganan Share Subscription Agreement, juga dilakukan penandatanganan Shareholders Agreement. Namun, Shareholders Agreement baru efektif setelah Dai-ichi menjadi pemegang saham Panin Internasional dan Panin Life.

Dalam transaksi ini, Panin Financial dan Panin Life menunjuk Bank of America Merril Lynch ditunjuk sebagai penasehat keuangan.

Sementara per akhir tahun lalu, Panin Life mencatat total aset sebesar Rp3,9 triliun dengan total ekuitas Rp420 miliar dan pendapatan premi bruto Rp2,3 triliun.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9413 seconds (0.1#10.140)