AirAsia operasikan Airbus A320 Sharklet pertama di Indonesia

Rabu, 05 Juni 2013 - 18:41 WIB
AirAsia operasikan Airbus A320 Sharklet pertama di Indonesia
AirAsia operasikan Airbus A320 Sharklet pertama di Indonesia
A A A
Sindonews.com - Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia hari ini mendatangkan Airbus A320, yang dilengkapi dengan perangkat wing tip bernama Sharklet, untuk pertama kalinya.

Pesawat satu lorong paling ramah lingkungan di dunia ini datang langsung dari Pabrik Airbus yang berada di Toulouse, Perancis. AirAsia Indonesia menjadi operator pertama di tanah air yang mengoperasikan pesawat yang dapat menghemat bahan bakar lebih banyak ini.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Dharmadi mengatakan, pesawat ini dinilai istimewa karena dilengkapi dengan perangkat wing tip bernama Sharklet. Wing tip dengan desain terbaru ini dapat menghemat bahan bakar serta mengurangi emisi dengan meningkatkan aerodinamika pesawat secara signifikan.

"Kami sangat senang karena pada hari ini Airbus A320 terbaru kami tiba di Jakarta. Memangkas biaya pesawat hingga sekitar 4 persen, Sharklet memungkinkan bertambahnya fleksibilitas sampai sekitar 100 nautical miles atau meningkatkan kapabilitas payload hingga 450 kilogram. Hal tersebut tentunya akan dapat membantu kami dalam menghemat biaya operasional," kata Dharmadi dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Airbus A320 sharklet ini merupakan pesawat ke-23 milik AirAsia Indonesia dan akan melayani rute-rute penerbangan dari Medan. Sebelumnya AirAsia Indonesia telah memiliki 22 pesawat Airbus A320 yang beroperasi di enam hub, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Bali, Surabaya, dan Makassar. Dengan bertambahnya jumlah pesawat, maka AirAsia Indonesia akan dapat semakin memperluas layanannya baik di pasar domestik maupun internasional.

"AirAsia Indonesia berencana untuk terus menambah jumlah pesawat guna memenuhi permintaan pasar, karena masih banyak destinasi menarik baik di dalam maupun luar negeri yang belum kami layani. Hingga akhir tahun 2013, kami akan memiliki 29 pesawat," tambah Dharmadi.

Kehadiran pesawat baru yang istimewa ini dirayakan oleh segenap karyawan AirAsia Indonesia terutama di Jakarta. Para karyawan mengabadikan momen bersejarah tibanya Airbus A320 Sharklet pertama milik perusahaan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkarang, Jakarta.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0165 seconds (0.1#10.140)