Kadin minta perbankan bijak naikkan suku bunga

Senin, 17 Juni 2013 - 16:40 WIB
Kadin minta perbankan bijak naikkan suku bunga
Kadin minta perbankan bijak naikkan suku bunga
A A A
Sindonews.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta kalangan perbankan untuk bijak dengan tidak terburu-buru menaikkan suku bunga kredit usaha kecil dan menengah (UKM) mengikuti kenaikan bunga acuan Bank Indonesia (BI rate).

Wakil Ketua Umum Kadin bidang UKM dan Koperasi, Erwin Aksa mengatkan bahwa hal itu perlu dilakukan lantaran sejumlah agenda makro ekonomi, seperti kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dan inflasi akan menggerus daya saing UKM.

"Saya kira, BBM secepatnya dinaikkan, tapi bunga kredit UKM juga jangan sampai ikut-ikutan naik, kendati BI rate sudah naik,” kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (17/6/2013).

Menurut dia, kenaikan FasBI menjadi 4,25 persen dan BI rate menjadi 6 persen akan mendorong kenaikan suku bunga, terutama kredit UKM. Karena itu, Erwin meminta agar perbankan memberikan kemudahan kepada sektor lain yang mengalami kesulitan, seperti UKM.

Apalagi, dia menambahkan, laba perbankan nasional selama ini sudah tinggi. Sebagian besar laba tersebut berasal dari nett interest margin, sedangkan dari fee based income belum cukup optimal.

"Artinya, kontribusi dari kredit usaha sangat besar bagi perolehan laba perbankan nasional," ujarnya.

(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8064 seconds (0.1#10.140)