Gelar pasar murah, Pemprov Jabar kucurkan Rp10 M

Sabtu, 22 Juni 2013 - 12:39 WIB
Gelar pasar murah, Pemprov Jabar kucurkan Rp10 M
Gelar pasar murah, Pemprov Jabar kucurkan Rp10 M
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengalokasikan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk menggelar operasi pasar murah kebutuhan pokok masyarakat (OPM Kepokmas) saat jelang Ramadan dan Lebaran.

Hal tersebut dilakukan karena harga kebutuhan pokok diprediksi naik akibat kenaikan harga BBM. Apalagi, jelang Ramadan dan Lebaran, harga kebutuhan pokok selalu naik.

"APBD Provinsi sudah mendukung Rp10 miliar untuk OPM Kepokmas ini," kata Kepala Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Ferry Sofwan, di Bandung, Jabar, Sabtu (22/6/2013).

Anggaran itu akan dipakai untuk mensubsidi empat barang kebutuhan pokok masyarakat yang disediakan saat OPM Kepokmas. "Sehingga barang yang dijual nanti akan lebih murah," ujarnya.

Tahun lalu, kata dia, OPM Kepokmas juga digelar. Tapi barang yang dijual hanya beras, gula pasir, dan minyak goreng. Sedangkan untuk tahun ini rencananya akan ditambah telur ayam, sehingga ada empat komoditi yang dijual.

"Untuk masing-masing komoditi subsidinya akan berbeda karena karakternya berbeda," ungkap Ferry.

Sementara, terkait besaran subsidi setiap komoditi, Ferry belum bisa memastikan. Sebab pihaknya kini masih melakukan penghitungan, termasuk berkonsultasi dengan ahli ekonomi dan penyedia barang. Tapi diharapkan, selisih harga komoditi dalam OPM Kepokmas bisa lebih dari Rp3 ribu jika dibandingkan dengan harga di pasaran.

Ferry mengatakan, OPM Kepokmas diharapkan bisa digelar di 26 kabupaten dan kota se-Jabar. "Untuk lokasi-lokasinya nanti (pemerintah) kabupaten dan kota yang mengajukan ke kita," ujar dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6701 seconds (0.1#10.140)