Tiga hal ini bisa buat negara gagal

Selasa, 02 Juli 2013 - 12:11 WIB
Tiga hal ini bisa buat negara gagal
Tiga hal ini bisa buat negara gagal
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengungkapkan, setidaknya ada tiga hal utama yang menjadi faktor penyebab gagalnya pembangunan sebuah negara.

"Ada kekhawatiran perangkat negara kelas menengah. Saat itu, dikatakan ada tiga hal yang bisa membuat negara gagal," kata Hatta di Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Tiga hal tersebut, meliputi pembangunan infrastruktur, pembangunan bidang pangan dan sistem perlindungan sosial.

"Pertama adalah lalai dalam membangun infrastruktur. Kedua adalah gagal dalam membangun kemandirian pangan dan terakhir adalah gagal dalam membangun sistem perlindungan sosial," sebut dia.

Sebagai contoh, Hatta menjelaskan, Indonesia pada tahun 2015 akan masuk dalam Masyarakat Ekonomi Asean (AEC), di mana hal ini bisa menjadi peluang sekaligus tantangan bagi RI, tergantung bagaimana mengelolanya.

"Dalam AEC kita akan menjadi pasar tunggal ASEAN. Masuk dalam AEC, di mana dalam pasar tunggal ASEAN itu kita menjadi production base. Yang menngelitik kita adalah apakah Indonesia akan menjadi production base atau market base," ujarnya.

Sebagai upaya untuk mengatasi tiga faktor utama penyebab kegagalan sebuah negara, menurut Hatta, setidaknya ada tiga hal yang perlu menjadi fokus utama.

"Jadi perlu tiga saja yang kita dalami. Sektor energi dan kemudian adalah sektor pangan serta yang terakhir adalah sektor infrastruktur," tutup dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7046 seconds (0.1#10.140)