Pertumbuhan sektor jasa China merosot

Rabu, 03 Juli 2013 - 12:16 WIB
Pertumbuhan sektor jasa China merosot
Pertumbuhan sektor jasa China merosot
A A A
Sindonews.com - Pertumbuhan sektor jasa China merosot ke kecepatan terlemah dalam sembilan bulan pada Juni 2013. Hal ini akibat kegiatan konstruksi melambat sebagai tanda ekonomi cool-down di seluruh negeri.

Biro Statistik Nasional China, NBS mengatakan indeks manajer pembelian resmi (PMI) China untuk 'sektor jasa' turun menjadi 53,9 pada Juni, dari 54,3 pada bulan sebelumnya. Angka PMI di atas 50 menunjukkan perusahaan tumbuh, sedangkan di bawah 50 kontraksi.

Laporan PMI ini muncul setelah dua survei PMI terpisah menunjukkan pertumbuhan manufaktur China menyelami posisi terendah multi-bulan pada Juni karena permintaan dari dalam dan luar negeri berkurang.

"Sedikit penurunan di sektor jasa terutama disebabkan penurunan musiman dalam industri konstruksi," kata Cai Jin, wakil presiden Federasi Logistik dan Pembelian China (CFLP) dalam pernyataannya, seperti dilansir dari CNBC, Rabu (3/7/2013).

CFLP melakukan survei resmi bersama dengan NBS. Di mana sub-indeks untuk konstruksi turun menjadi 59,3 dari 62,2 pada Mei lalu.

Penurunan ekonomi China, menjadi yang terburuk setidaknya dalam 14 tahun, mulai menggigit. Banyak analis percaya perekonomian berpindah ke penurunan lain setelah pemulihan singkat hanya berlangsung sekitar tiga bulan, dengan pertumbuhan mungkin hilang dari target Beijing tahun ini 7,5 persen.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7416 seconds (0.1#10.140)