Muhaimin ajak ASEAN terapkan standar K3

Rabu, 03 Juli 2013 - 13:03 WIB
Muhaimin ajak ASEAN terapkan standar K3
Muhaimin ajak ASEAN terapkan standar K3
A A A
Sindonews.com - Penerapan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi salah satu aspek penting yang harus disiapkan negara-negara anggota ASEAN dalam menghadapi diberlakukannya ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar mengatakan, perusahaan di negara ASEAN di semua bidang industri dan jasa perdagangan harus melaksanakan dan meningkatkan penerapan aturan norma-norma ketenagakerjaan di tempat kerjanya yang dilaksanakan melalui pengawasan ketenagakerjaan.

Menurutnya, di era globalisasi saat ini, penerapan standar K3 merupakan tuntutan utama dalam pemenuhan standar Internasional terhadap produk barang atau jasa yang harus memenuhi persyaratan khusus. Misalnya, ISO dan OHSAS (Occupational Health and Safety Assesment Series).

"Pemerintah Indonesia mengajak dan mengingatkan negara-negara anggota ASEAN secara bersama-sama dapat menerapkan standar K3. Apalagi tuntutan global yang mersyaratan diterapkannya Sistem Manajemen Mutu melalui ISO 9001 Series, Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14000 Series, OHSAS 18001, zero accident dan Sistem Manajemen K3," kata dia dalam rilisnya, Rabu (3/7/2013).

Karena itu, kata Muhaimin, negara anggota ASEAN perlu memperkuat kolaborasi dan koordinasi di bidang K3. Selain itu, menggali kerja sama teknis pengawasan ketenagakerjaan serta mengembangkan panduan ASEAN. Termasuk model operasional serta struktur dalam meningkatkan pemenuhan standar di tempat kerja.

"Kita berharap Konferensi ke-3 Pengawasan Ketenagakerjaan ASEAN ini dapat untuk meningkatkan kapasitas dan kerja sama pengawasan ketenagakerjaan antara negara anggota ASEAN menuju komunitas ASEAN yang kuat dan berkembang," jelas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6152 seconds (0.1#10.140)