Empat rekomendasi Paskomnas capai kedaulatan pangan

Rabu, 03 Juli 2013 - 16:43 WIB
Empat rekomendasi Paskomnas...
Empat rekomendasi Paskomnas capai kedaulatan pangan
A A A
Sindonews.com - Untuk mencapai kedaulatan pangan, pemilik jaringan Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas), Hartono Wigyopranoto memberikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia terkait pola pengelolaan produksi pangan nasional berkelanjutan.

Terdapat lima rekomendasi untuk memberikan perubahan bagi dunia pertanian. Pertama, kata dia, revitalisasi terhadap kelembagaan petani produsen.

"Kedua, yang penting juga adalah pemerintah perlu menentukan kawasan sentra produksi komoditi spesifik," ujarnya dalam acara Konferensi Pemberdaya UMKM Nasional 2013 di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (2/7/2013).

Selanjutnya, adalah pemberdayaan lembaga korporasi formal serta kewajiban pemerintah dalam menyediakan prasarana, sarana dan teknologi. "Terakhir, berikan kemudahan dan atau insentif di bidang permodalan dan perpajakan," pungkasnya.

Menurut Hartono, saat ini kondisi petani sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan oleh seringnya gagal panen dan rendahnya harga hasil produksi sehingga menyebabkan para petani beralih ke sektor industri yang memungkinkan mereka memperoleh penghasilan bulanan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7196 seconds (0.1#10.140)