Berharap stimulus, bursa saham China naik 3,21%

Kamis, 11 Juli 2013 - 15:19 WIB
Berharap stimulus, bursa saham China naik 3,21%
Berharap stimulus, bursa saham China naik 3,21%
A A A
Sindonews.com - Bursa saham China melonjak lebih dari 3 persen pada perdagangan sore, berharap pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk memperkuat ekonomi.

Shanghai Composite Index naik 3,21 persen atau 64,48 poin, menjadi 2,072.61. "Investor membeli berharap pemerintah dapat memperkenalkan beberapa jenis stimulus untuk membantu perekonomian domestik," kata analis Dongxing Securities, Sun Zhen kepada Dow Jones Newswires, seperti dilansir AFP, Kamis (11/7/2013).

Perdana Menteri China Li Keqiang menekankan pentingnya menstabilkan pertumbuhan dan mempromosikan reformasi struktural pada pertemuan dua hari lalu. Hal ini menunjukkan pemerintah mungkin mengambil kebijakan yang mendukung untuk mendorong perekonomian domestik.

"Nada bicara PM Li menunjukkan kepada kita bahwa sikap kebijakan (di babak kedua) mungkin melunak," tulis ekonom Nomura, Zhiwei Zhang dalam sebuah laporan penelitian.

"Dalam pidato sebelumnya dan dokumen pemerintah, Li jarang menyebutkan perlunya 'menstabilkan pertumbuhan', melainkan lebih fokus pada risiko keuangan," tambah Zhang.

Perekonomian China tumbuh 7,7 persen pada kuartal pertama tahun ini, lebih rendah dari pertumbuhan 7,9 persen pada kuartal keempat tahun lalu, memicu kekhawatiran rebound di ekonomi terbesar kedua dunia itu kehilangan momentum.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7376 seconds (0.1#10.140)