PLN gandeng Lombok Energy bangun PLTU 2x25 MW

Jum'at, 19 Juli 2013 - 15:30 WIB
PLN gandeng Lombok Energy bangun PLTU 2x25 MW
PLN gandeng Lombok Energy bangun PLTU 2x25 MW
A A A
Sindonews.com - PT PLN (persero) melakukan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik atau Power Purchase Agreement (PPA) dengan PT Lombok Energy Dynamics, sebuah perusahaan swasta yang akan membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Lombok Timur berkapasitas 2x25 megawatt (MW).

Penandatanganan PPA dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji bersama Direktur Utama PT Lombok Energy Dynamics, Banu Pradipto di PLN Kantor Pusat, Jakarta, Jumat (19/07/2013)

Pamudji mengatakan, PT Lombok Energy Dynamics telah memecahkan rekor tercepat dalam persiapan pembangunan PLTU Lombok Timur (2x25MW). Menurut Permen ESDM 01/2006 dan 04/2007, proses persiapan pembangunan mulai dari prakualifikasi hingga penandatangan PPA membutuhkan waktu 321 hari, sementara PT Lombok Energy Dynamics mampu menyelesaikan dalam 263 hari.

"Ini memecahkan rekor dan membanggakan. Ketika IPP yang lain butuh waktu lebih dari setahun bahkan ada yang 500 hari, PT Lombok Energy Dynamics hanya 263 hari. Namun, rekor ini perlu dipecahkan lagi agar pembangunan PLTU bisa semakin cepat," katanya di Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Menurut Pamudji, listrik PLTU Lombok Timur sebesar 2x25 MW yang akan dibangun di Desa Padak Guar, Kelurahan Labuan Pandan, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, akan disalurkan ke sistem Lombok melalui jaringan transmisi 150 kV ke GI PLTU Lombok.

Pendanaan proyek selain berasal dari ekuitas PT Lombok Energy Dynamics, juga akan diperoleh dari pinjaman dalam maupun luar negeri. Dalam proses penyelesaian PPA, PT Lombok Energy Dynamics menyampaikan adanya kepercayaan dari pihak pemberi pinjaman yang tidak mensyaratkan diperlukannya penjaminan Pemerintah.

"Proyek ini sendiri memang merupakan proyek yang tidak masuk dalam kategori proyek yang mendapat penjaminan dari Pemerintah. Sesuai dengan PPA, PT Lombok Energy Dynamics harus mencapai financial date dalam jangka waktu maksimum sembilan bulan sejak penandatanganan PPA ini atau April 2014," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Lombok Energy Dynamics, Banu Pradipto mengatakan bahwa penyelesaian pembangunan PLTU butuh kerja keras.

"Kami sadar, ditandatanganinya PPA ini adalah awal dari kerja keras kami. Dan kontruksi PLTU akan kami selesaikan dalam 22 bulan sejak financial date," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6272 seconds (0.1#10.140)