200 koperasi di Yogyakarta mati suri

Kamis, 25 Juli 2013 - 16:35 WIB
200 koperasi di Yogyakarta mati suri
200 koperasi di Yogyakarta mati suri
A A A
Sindonews.com - Sekitar 200 koperasi di DI Yogyakarta (DIY), kondisinya tidak aktif. Koperasi ini tidak banyak melaksanakan kegiatan usaha. Beberapa koperasi ini dibentuk ketika akan mendapatkan bantuan semata.

Kepala Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) DIY, Syahbenol Hasibuan mengatakan, di DIY ada sekitar 2.517 koperasi dari beberapa jenis. Dari total tersebut, sekitar 200-an koperasi tidak aktif.

"Kalau nasional koperasi tidak aktif ada 20 persen, kita masih dibawahnya," ujar dia di kantor Kadin DIY, Kamis (25/7/2013).

Koperasi yang tidak aktif ini, ujar pengurus Kadin bidang Koperasi dan UMKM ini, nantinya akan dibubarkan. Namun, masih ada beberapa koperasi yang memiliki tanggungan utang. Akibatnya, Dekopinda juga tidak bisa membuarkan sebelum permasalahan kelar.

Dari 200-an koperasi ini, sebesar 30 persen diantaranya merupakan koperasi yag didirikan ketika akan ada program. Sehingga ketika bantuan ini habis, koperasi dan anggotanya juga tidak aktif.

"Ini seperti merpati, akan ada jagung mereka membentuk koperasi. Setelah itu tidak jelas," tuturnya.

Menurutnya, sebagian koperasi yang bermasalah lainnya, karena hanya dijadikan kedok. Berdalih menghimpun dana masyarakat, mereka mmebuat koperasi untuk melakukan investasi bodong. Sisanya koperasi yang memang mau berjalan ketika ada kucuran dana.

"Pendidikan anggota harus lebih diprioritaskan, agar koperasi bisa sehat," pungkas mantan Kepala Disperindagkop dan UKM ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8802 seconds (0.1#10.140)