Spanyol penuhi target defisit 2013

Rabu, 31 Juli 2013 - 18:35 WIB
Spanyol penuhi target defisit 2013
Spanyol penuhi target defisit 2013
A A A
Sindonews.com - Spanyol memenuhi target defisit negara 2013, dengan pemotongan menjadi 3,81 persen pada semester pertama tahun ini.

Dalam enam bulan pertama 2013, defisit negara - pengeluaran overshoot oleh lembaga pemerintah pusat - turun menjadi 3,81 persen dari output 4,15 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Dalam penjuangan menstabilkan keuangan publik, pemerintah telah sepakat mengurangi defisit publik secara keseluruhan dalam perekonomian terbesar keempat di zona euro itu menjadi 6,5 persen tahun ini, termasuk 3,8 persen untuk defisit pemerintah pusat.

Kementerian negara mencatat defisit sebesar 40 miliar euro (USD53 miliar) pada semester pertama 2013. Sebagian besar karena suku bunga tinggi pada utang publik Spanyol, setara 88 persen dari output pada kuartal pertama. Defisit publik secara keseluruhan mencakup anggaran pemerintah daerah dan program kesejahteraan.

Data ditambahkan ke tanda-tanda positif yang terakhir terlihat untuk ekonomi Spanyol, dalam resesi sejak akhir 2011. Di mana pemerintah dan bank sentral memperkirakan kembali ke pertumbuhan pada kuartal ketiga.

"Angka defisit negara menunjukkan, bahwa perekonomian Spanyol berada pada titik balik," kata Menteri Anggaran Spanyol, Cristobal Montoro dalam pernyataannya, seperti dilansir dari AFP, Rabu (31/7/2013).

"Mulai sekarang kita berada di jalan yang berbeda untuk memulihkan kegiatan ekonomi, memperkuat pertumbuhan kita dan datang lebih awal daripada penciptaan lapangan kerja," terangnya.

Output
menyusut 0,1 persen dalam tiga bulan yang berakhir Juni karena peningkatan ekspor membantu mengimbangi lemahnya permintaan domestik, dibandingkan dengan kontraksi 0,5 persen pada kuartal pertama.

Analis di kelompok keuangan BBVA Research mengatakan, Spanyol akan berada di jalur untuk memenuhi target defisit jika tren yang ditunjukkan angka hari ini. Namun, dia memperingatkan risiko lanjutan seperti kenaikan bunga utang.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5568 seconds (0.1#10.140)