SBY kunjungi sentra industri mebel Bukir Pasuruan

Kamis, 01 Agustus 2013 - 17:21 WIB
SBY kunjungi sentra industri mebel Bukir Pasuruan
SBY kunjungi sentra industri mebel Bukir Pasuruan
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menginjakkan kakinya di Pasuruan. Kali ini SBY mengunjungi sentra industri mebel di Pasar Bukir Kota Pasuruan. Kunjungan ini merupakan akhir dari rangkaian safari Ramadan di wilayah Tapal Kuda, Jatim.

Sebelum berkunjung ke sentra industri mebel yang berada di Kecamatan Gadingrejo tersebut, SBY singgah di Masjid Agung Al-Anwar Kota Pasuruan untuk shalat Dzuhur. Karena keterbatasan waktu, SBY terpaksa membatalkan rencana kunjungannya untuk bertemu peternak susu sapi perah di Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan.

Sesampainya di Pasar Mebel Bukir, SBY menyempatkan diri untuk berkeliling melihat hasil karya perajin kayu. SBY juga berdialog langsung dengan perajin untuk mengetahui lebih jauh potensi dan kendala pemasaran produknya.

Sebagai bentuk apresiasinya terhadap hasil kerajinan kayu, Presiden SBY membeli beberapa produk mebel. Diantaranya satu unit mebel penyekat ruangan model Doraemon seharga Rp2,3 juta.

Kedatangan SBY ini disambut baik para pengusaha mebel. Mereka berharap industri mebel yang menjadi andalan Kota Pasuruan semakin berkembang.

"Kunjungan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kerajinan mebel Pasuruan. Kami berharap kunjungan ini membawa dampak positif terhadap kendala ketersediaan bahan baku, transportasi dan kemudahan izin kepabeanan," kata Hasyim, seorang pengusaha mebel Aida Furnitur, Kamis (1/8/2013).

Walikota Pasuruan, Hasani mengungkapkan, kunjungan Presiden SBY diharapkan menjadi pendorong makin dikenalnya industri mebel Bukir, tidak hanya ditingkat nasional tetapi juga dunia usaha internasional. Industri mebel ini mampu menopang para perajin kayu di Kota Pasuruan yang mencapai 3.000 pengusaha.

"Saya berharap kunjungan ini dapat lebih meningkatkan hasil penjualan industri mebel Bukir. Buyer nasional dan internasional semakin yakin bahwa kualitas mebel Bukir tidak kalah dibanding perajin daerah lain," kata Hasani.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6079 seconds (0.1#10.140)