Kembangkan D-Card, Mandiri gandeng Tirta Amarta

Rabu, 21 Agustus 2013 - 18:37 WIB
Kembangkan D-Card, Mandiri gandeng Tirta Amarta
Kembangkan D-Card, Mandiri gandeng Tirta Amarta
A A A
Sindonews.com - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menerbitkan kartu kredit Mandiri Visa Distribution Card (D-Card) bagi produsen air minum kemasan bermerk Viro, PT Tirta Amarta, untuk memudahkan transaksi keuangan para agen dan distributor. Langkah ini bertujuan untuk mendorong peningkatan transaksi kartu kredit Mandiri.

“Penggunaan Mandiri D-Card dapat mengalihkan proses piutang ke bank, sehingga mengurangi processing cost," ujar EVP Coordinator Consumer Finance Bank Mandiri Tardi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Dia mengatakan, penggunaan kartu kredit dalam proses penjualan barang dari produsen kepada jaringan distribusi merupakan solusi terbaik yang dapat dikembangkan. Pasalnya, langkah ini dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan efisiensi dalam bertransaksi dan pengelolaan piutang dagang bagi produsen.

Menurut dia, kartu ini juga menghilangkan fungsi penagihan dari bagian penjualan karena tenaga penjual tidak lagi menagih langsung pembayaran dari agen atau toko saat barang dikirim. "Ini dapat mencegah penyalahgunaan uang pembayaran barang dari agen atau toko,” kata Tardi.

Hingga Juni 2013, Bank Mandiri telah menerbitkan lebih dari 3 juta kartu kredit dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 13 juta senilai lebih dari Rp10 triliun. Nilai transaksi itu tumbuh 24,23 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Mandiri D-Card juga dapat membantu agen maupun toko dalam pembelian barang inventori tanpa uang tunai (cashless). Pasalnya, jangka waktu pembayaran dapat lebih panjang dan tanpa bunga. Sebagai tahap awal, D-Card Tirta Amarta akan diberikan kepada 100 agen penjualan dan akan dikembangkan hingga 4.000 agen dalam tiga tahun.

Menurut Tardi, Bank Mandiri pada waktunya akan mengembangkan D-Card dengan menjaring perusahaan lain yang memiliki jaringan distribusi luas, sehingga mampu mendorong pertumbuhan kartu kredit Bank Mandiri yang ditargetkan tumbuh 34 persen pada tahun ini.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6367 seconds (0.1#10.140)