Pemerintah perlu antisipasi komoditas sejak dini

Kamis, 22 Agustus 2013 - 14:40 WIB
Pemerintah perlu antisipasi...
Pemerintah perlu antisipasi komoditas sejak dini
A A A
Sindonews.com - Pemerintah mesti mengambil langkah antisipasi sejak dini menghadapi masuknya musim kemarau, yang berpotensi menurunkan volume produksi komoditas tertentu.

Ketua Asosiasi Pedagang Komoditi Agro (APKA) Jawa Barat, Nono S Sambas berharap pemerintah segera mengambil langkah antisipatif jangka pendek. Yaitu mendata suplai dan demand untuk mengambil keputusan penting.

Menurut Nono, apabila pasokan komoditas sayuran dalam negeri kurang mencukupi, maka pemerintah harus dapat melakukan skema impor jangka pendek. Agar harga komoditas di dalam negeri tidak bergejolak.

"Kalau memang sifatnya sangat urgent, pemerintah bisa mengimpor bawang merah, bawang putih, dan komoditas sayuran lainnya. Tapi, kebijakan impor diambil untuk menambah kekurangan pasokan dalam negeri agar harga tetap stabil," terangnya di Bandung, Kamis (22/8/2013).

Impor, lanjut dia, jangan sampai mengganggu stabilitas harga dalam negeri. Sementara setrategi jangka panjang yang bisa dilakukan pemerintah yaitu meningkatkan kemampuan bercocok tanam petani Indonesia agar tidak mengandalkan musim.

Sehingga, suplai komoditas tertentu bisa lebih stabil. Termasuk, melakukan penataan suplai pascapanen untuk beberapa pasar induk di Pulau Jawa.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0728 seconds (0.1#10.140)