Kelola aset, PLN gandeng anak usaha ASGR

Senin, 26 Agustus 2013 - 13:25 WIB
Kelola aset, PLN gandeng...
Kelola aset, PLN gandeng anak usaha ASGR
A A A
Sindonews.com - Sejalan dengan semakin besarnya aset yang dikelola perseroan, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan segera menerapkan teknologi informasi untuk mengelola asetnya melalui program Enterprise Asset Management (EAM) di bidang pembangkitan, transmisi dan distribusi.

Terkait dengan langkah strategis itu, PLN menggandeng anak usaha PT Astra Graphia Tbk (ASGR) yang bergerak di pada bidang konsultan IT yakni, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT).

AGIT nantinya akan melakukan manajemen aset untuk bidang transmisi yang akan diimplementasikan di tiga unit PLN, meliputi unit Jawa-Bali, Sumatera dan wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat.

Direktur Operasi Jawa-Bali PLN Ngurah Adnyana menjelaskan, dengan melakukan implementas EAM, diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dari segi operasional dan pembiayaan untuk memonitor kerja peralatan transmisi selama masa manfaatnya.

"Penerapan ini untuk menghasilkan kinerja operasi excellent dengan fokus pada optimasi pemanfaatan aset, efisiensi finansial dan mitigasi resiko," ujar Adnyana di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (26/8/2013).

Selain itu, dia juga berharap implementasi EAM dapat menekan biaya pemeliharaan yang besar dan terus bertambah serta memenuhi tuntutan stakeholders untuk mengoperasikan dan memelihara sistem penyaluran secara handal, efisien dan berkualitas, maka diperlukan implementasi manajemen yang dilengkapi dengan sistem informasi.

Dengan demikian, hal tersebut dapat memberikan informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan aset portofolio, kondisi aset, investasi dan keuangan secara transparan.

"Dapat dievaluasi dan dianalisa secara komprehensif dengan pertimbangan manajemen risiko. Sistemnya yang mendukung dikenal sebagai EAM," tutup dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0926 seconds (0.1#10.140)