Chatib perkirakan defisit transaksi berjalan triwulan III turun

Senin, 02 September 2013 - 19:44 WIB
Chatib perkirakan defisit transaksi berjalan triwulan III turun
Chatib perkirakan defisit transaksi berjalan triwulan III turun
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu), M Chatib Basri memperkirakan defisit transaksi berjalan di triwulan III/2013 dan triwulan IV masih bisa turun hingga di bawah 3 persen dari angka defisit triwulan II sebesar 4,4 persen.

"(Triwulan III/2013) Akan lebih rendah pokoknya dari defisit di triwulan II yang sebesar 4,4 persen dari GDP. Prakiraannya sekitar segitu, mudah-mudahan (defisit transaksi berjalan) kita bisa dibawah tiga persen," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Namun, kata Chatib, hal tersebut membutuhkan effort diantaranya efek dari kenaikan subsidi BBM dan mandatory biodiesel yang telah dijalankan pemerintah. Karena itu, dia meminta semua pihak bersabar lantaran menurunkan angka efisit tidak bisa instan.

"Kalau satu bulan dari efek kenaikan harga BBM itu pasti belum bisa, walaupun sebetulnya gejalanya sudah mulai kelihatan, karena saya pernah sampaikan konsumsi dari minyak pada Juli sudah mulai di bawah kuota," jelasnya.

Meski demikian, Menkeu masih mempercayai bahwa tren penurunan defisit segera berlanjut pada triwulan III dan IV tahun ini.

"Saya selalu lihat kita di triwulan III, itu defisitnya akan lebih rendah. Mudah-mudahan lebih rendah dari triwulan II," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7004 seconds (0.1#10.140)