Bulog minta pemerintah bikin stok cadangan kedelai

Kamis, 05 September 2013 - 13:38 WIB
Bulog minta pemerintah...
Bulog minta pemerintah bikin stok cadangan kedelai
A A A
Sindonews.com - Perum Bulog meminta agar ada semacam cadangan pasokan pada komoditas kedelai seperti adanya Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan dikelola Bulog untuk menstabilkan harga ke depannya.

Hal tersebut dikatakan Direktur Pengembangan Usaha Bulog, Rinto Angki dalam public hearing di Gedung KPPU, Jakarta, Kamis (5/9/2013).

"CBP kita punya, jadi kalau harga naik bisa dilempar, Cadangan Kedelai Pemerintah (CKP) juga sebaiknya ada dan enggak usah banyak-banyak agar merawat jaringan ini. Ketika harga naik tinggal dikeluarkan," ujarnya.

Pihaknya mengaku hanya meminta pasokan kedelai dari pemerintah dengan sistem berkala atau setiap bulan agar cukup untuk dijadikan CKP. "Cadangan pemerintah 10 persen saja cukup. Jadi pemerintah berikan sedikit kepada Bulog setiap bulannya," kata dia.

Selain itu, Rinto juga mengimbau pemerintah agar Bulog dimasukkan dalam forum stabilisasi harga kedelai untuk membantu mengintervensi pasar apabila diperlukan.

"Sebaiknya Bulog dimasukkan dalam anggota atau forum stabilisasi kedelai agar operasional stabilisasi kedelai lebih mudah. Karena kita enggak masuk dalam tim," pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini harga kedelai impor di pasaran terus melambung. Kondisi ini membuat pengusaha kecil khususnya perajin tahu dan tempe semakin menjerit. Bahkan, tidak sedikit perajin yang gulung tikar akibat mahalnya harga kedelai.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9846 seconds (0.1#10.140)