Ford akan jadikan India hub ekspor ke Asia

Kamis, 05 September 2013 - 14:18 WIB
Ford akan jadikan India...
Ford akan jadikan India hub ekspor ke Asia
A A A
Sindonews.com - Pasar mobil kecil dan kendaraan utilitas di Asia yang semakin pesat, telah mempercepat rencana Ford untuk membuat India sebagai hub ekspor.

Seperti dikutip dari Inautonews, Kamis (5/9/2013), Presiden Ford Asia Pasifik, Dave Schoch mengatakan, pada 2018 Ford India akan mampu mengekspor setengah kendaraan yang ada.

"Meskipun faktor makro ekonomi saat ini dan tantangan pasar yang sedang berlangsung, India merupakan bagian penting dari strategi global kami. Ekspor dari India akan membantu kita untuk tetap di jalur pertumbuhan di wilayah ini," kata Schoch.

Produsen mobil berbasis Dearborn ini sedang mengalami ekspansi industri terbesar dalam 50 tahun, yakni dengan membangun pabrik di China, India dan Thailand. Sementara, ekspansi China telah difokuskan pada penjualan domestik, Thailand telah lama menjadi pusat ekspor untuk banyak mobil.

Sekarang, dari India, Ford ingin mengirim ke 50 negara. Para direksi tidak mengatakan berapa banyak pasar India yang dijual hari ini. Eksekutif Ford memproyeksikan bahwa pada 2020, permintaan untuk kendaraan kecil akan mencapai lebih dari 60 persen dari penjualan mobil global dan setengah dari volume akan berada di Asia, Pasifik dan Afrika.

Saat ini, Ford memiliki kapasitas 200 ribu kendaraan di pabriknya di Chennai, India yang telah memproduksi Ford Fiesta, EcoSport, Figo dan Endeavour. Sebuah pabrik mesin terdekat dapat membuat 340 ribu mesin bensin dan diesel.

Selain itu, pabrik mesin kedua di bawah konstruksi di Sanand akan terbuka pada 2014, menambahkan 270 ribu mesin per tahun. Juga, mobil pabrik perakitan baru di Sanand akan mampu membuat 240 ribu kendaraan per tahun, mulai 2015. Itu akan membawa Ford kapasitas tahunan India menjadi 440 ribu kendaraan dan 610 ribu mesin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4873 seconds (0.1#10.140)