Anggaran sektor pertanian di Blitar dialokasikan Rp44,7 M

Kamis, 12 September 2013 - 15:07 WIB
Anggaran sektor pertanian di Blitar dialokasikan Rp44,7 M
Anggaran sektor pertanian di Blitar dialokasikan Rp44,7 M
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Blitar mengalokasikan anggaran untuk sektor pertanian sebesar Rp44,7 miliar dalam perubahan APBD 2013 atau naik 12 persen dari sebelumnya Rp39,8 miliar.

"Dengan penambahan ini diharapkan ada peningkatan hasil di bidang pertanian," ujar Bupati Blitar Herry Noegroho kepada wartawan, Kamis (12/9/2013).

Secara geoekonomis, mayoritas wilayah di Kabupaten Blitar berupa lahan pertanian. Sebagian besar masyarakat Kabupaten Blitar menggantungkan hidup dari hasil sawah dan ladang.

Menurut Herry, peningkatan anggaran di sektor pertanian juga dalam rangka memaksimalkan ketahanan pangan nasional, dengan di antaranya memfasilitasi penanaman modal pertanian.

"Juga termasuk menumbuhkan segala unsur pertanian dan memaksimalkan manfaat dari sektor pertanian," jelasnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Blitar Ansori mengingatkan bahwa pertambahan anggaran harus selaras dengan program kerja yang ditetapkan.

"Harus benar-benar tepat sasaran dan bisa memberi manfaat bagi petani di Kabupaten Blitar," ujarnya.

Ansori mencontohkan proyek irigasi yang hendaknya menjadi fokus intensifikasi pertanian. Setidaknya, ketika musim kemarau panjang tiba, para petani tidak mengeluh kekurangan air. "Karena air merupakan barang yang vital bagi para petani," terangnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5969 seconds (0.1#10.140)