Tifatul dorong masyarakat kembangkan industri IT

Senin, 16 September 2013 - 11:04 WIB
Tifatul dorong masyarakat kembangkan industri IT
Tifatul dorong masyarakat kembangkan industri IT
A A A
Sindonews.com - Dibandingkan dengan mengandalkan ekonomi yang berbasiskan bahan mentah atau menjual bahan mentah yang kerap dilakukan pemerintah sehingga berujung defisit neraca perdagangan, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mempunyai saran lain.

Dia mengimbau masyarakat mulai mengembangkan industri informatika (IT), karena industri tersebut berbasiskan inovasi dan mengandalkan otak (SDM) dan bukan Sumber Daya Alam (SDA).

Selain itu, industri ini terbukti telah memberikan penghidupan kepada berjuta-juta masyarakat di seantero penjuru dunia.

"Dulu kita mengandalkan raw material, tetapi murah dan merugikan karena harganya sangat kecil. Yang lebih hebat lagi dan melibatkan beratus juta tenaga kerja adalah IT karena basisnya adalah inovasi," ujar Tifatul di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (16/9/2013).

Dia menyebut industri jenis ini juga cukup fleksibel dibandingkan dengan sektor lainnya karena tidak membutuhkan banyak space dan modal, serta hanya mengandalkan SDM saja.

"Industri IT adalah industri otak, bisa berinovasi di mana saja, kapan saja, dengan modal berapa saja," lanjut Tifatul.

Tetapi untuk mewujudkan konektivitas tersebut, Tifatul meminta agar seluruh penggiat industri ini tetap meningkatkan mutu SDM agar tetap bisa berinovasi di tengah dinamika industri IT yang cukup cepat.

"IT itu strategi intinya adalah inovasi. Ekonomi berbasis inovasi dan butuh mutu SDM yang memadai untuk membentuk konektivitas," pungkas Tifatul.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5602 seconds (0.1#10.140)